Thursday, September 13, 2012

Segudang Talenta dari Temanggung



Mengenang kejayaan musik rock di era 80 sampai 90an, jadi ingat beberapa rock band ternama di negeri ini, taruhlah beberapa rock band yang punya nama besar dan berjaya saat itu seperti God Bless, SAS, Bumerang, Jamrud, Elpamas, Power Metal, Grass Rock dan band-band lain yang pernah muncul ke permukaan lewat tangan dingin promotor musik Log Zhelebour. 
Ada beberapa nama rock band yang perlu kita catat dalam sejarah musik rock tanah air, dan ternyata diantaranya terdapat beberapa nama anak-anak Temanggung. Bagi anak muda yang pernah mengalami sejarah perjalanan musik pada era 80 sampai 90an itu pasti masih ingat nama band besar asal Temanggung, catatlah sebuah nama Rolland Band dan Teaser.

Rolland Band dengan personil Petrus Stigma ( vocal ), Ivan Sidharta ( gitar ), Bento ( gitar ), Lugudz ( bass ), Yoyok ( drum ), rock band yang berkiblat heavy metal ala Judas Priest ini, pernah menjuarai Rock Rodeo Band se Jawa Bali 1987 sebagai Juara pertama, kemudian disusul juara pertama Festival Rock Indonesia 1988, dan Ivan menyandang gitaris terbaik dalam kompetisi itu, beberapa album pernah diluncurkan, seperti album Gigolo 1989. Lagu-lagunya berjudul Teror, Gigolo, Percakapan satu kamar dan lain-lain pernah akrab di telinga anak muda pecinta rock Indonesia, sayangnya setelah album kedua band ini seperti lenyap ditelan zaman, dan para personilnya berganti profesi setelah mereka lulus kuliah.

Rock band Temanggung lain yang juga pernah meng-Indonesia adalah Teaser, band ini terdiri dari Wawan ( bass ), Moyo ( gitar ), Adi ( drum ) dan Ian ( vocal ).
Teaser pernah menjadi juara ke empat Festival Musik Rock se Jawa Bali tahun 1995, tak puas dengan prestasi itu Teaser mengikuti Festival Rock Indonesia versi Log Zhelebour tahun 1996 di Surabaya, dan dapat membuktikan kepiawaiannya sebagai Juara Pertama, lagu Cari Muka andalan mereka menjadi karya terbaik. Berawal dari ajang festival itu Teaser telah menelorkan sebuah album kompilasi yang memuat karya terbaik mereka Cari Muka 1997, dan sebuah album dengan tajuk Si Bandel 1998.
Tak berbeda dengan band pendahulunya Teaserpun ikut ditelan masa, personilnya berkarir sendiri sendiri, namun diantaranya masih eksis meramaikan musik tanah air.

 Paling kanan: Wawan ( Ariem Christiawan, eks Teaser )
 

 
Anda tentu tak pernah mengira bahwa pemain Bass band papan atas Mahadewa milik Ahmad Dani adalah Wawan ( eks bassist Teaser ) dan pemain drum grup Ska Tip Ex adalah Adi ( eks drummer Teaser ) sampai sekarang masih eksis, bahkan Wawan yang dibawah manajemen Republik Cinta milik Ahmad Dani itu, ikut pula menggarap album-album The Rock, TRIAD,  Mulan Jameela dan Laki Lucky, jadi kita masih bisa bangga dengan itu, talenta-talenta dari Temanggung bisa bicara di tingkat Nasional.

 
Di ajang kompetisi telenta lain, anak Temanggung juga dapat mengharumkan nama daerahnya, seperti yang belum terlupa dari ingatan Idola Cilik 2009 program bergengsi RCTI, telah mengorbitkan nama Obiet Panggrahita. Dan Indonesian Idol 2012 juga terdapat sebuah nama Dion ( Dionisius Agung Subagyo ) yang ternyata kelahiran Temanggung 30 April 1986.
Sebenarnya masih banyak potensi talenta lain yang belum muncul ke permukaan, tinggal masalah waktu saja yang akan menjadikannya besar dan dikenal orang.


Ada setitik harapan bagi anak Temanggung, dalam sebuah kesempatan tepatnya pada peringatan hari Jadi Kabupaten Temanggung 10 November 2011 yang baru lalu, saya sempat ngobrol sebentar dengan Fariz RM ( musisi jazz Ibukota ) yang menjadi bintang tamu dalam acara itu, Fariz sangat terkesan dengan kesejukan alam daerah Temanggung “ Sejuk sekali, pemandangannya juga indah “ katanya, dan dia menambahkan dalam obrolannya “  Saya sudah punya rencana di masa pensiun nanti akan tinggal di Temanggung, dan mendirikan sekolah musik disini “, semoga harapan tidak tinggal harapan, namun jadi kenyataan, dan anak-anak dari Temanggung lebih terasah bakatnya, hingga bisa berkibar di blantika musik Indonesia dan mengharumkan nama Temanggung di suatu saat nanti.