Monday, April 30, 2012

Lawang Sewu Film Festival 2012





KSS Gelar Lawang Sewu Film Festival
Untuk mengangkat perfilman nasional dan mewadahi sineas-sineas muda supaya tidak takut mengekspresikan karyanya, Komunitas Sinema Semarang ( KSS ) menggelar Lawang Sewu Film Festival 2012 tingkat nasional. Kegiatan bertema " Dengan Lensa Berbagi Cerita "





Festival film ini akan mengangkat tema-tema sosial dan terbuka untuk sineas muda tingkat SMP, SMA, mahasiswa dan umum.
Ketua KSS Jessy Saptono mengatakan, pengumpulan film dimulai 1 Mei - 1 Agustus 2012 dengan format DVD dan durasi maksimal 10 menit beserta sinopisnya. Dalam film pendek tersebut, minimal ada syuting atau pengambilan gambar di lokasi wisata masing-masing peserta.
" Biaya peserta Rp. 50.000,00 dan karya film dikumpulkan di Studio Pro TV Ruko Square 14-15 Jalan Setiabudi Raya Srondol, Semarang. Grand Final dan pembagian hadiah akan dilakukan 2 September 2012 dan 10 karya film yang masuk 10 besar akan ditayangkan " kata Jessy.
Dia mengungkapkan, festival film tersebut ditujukan supaya para sineas muda bisa lebih semangat dalam berkreatifitas, terutama dalam menuangkan ide-ide yang terkadang luar biasa dan di luar pemikiran insan perfilman yang sudah senior.
Tidak tanggung-tanggung panitya mendatang juri yang sudah malang melintang di dunia perfilman seperti Aditya Gumay ( stradara film Emak Ingin Naik Haji ), Haryanto Corakh sutradara dan penulis skenario film layar lebar, dan Bambang Hengky praktisi film dari Executive Produser Pro TV.
Dalam festival ini akan diambil tiga karya film terbaik, untuk memperebutkan juara I, II dan III dengan hadiah Rp 3 juta ( juara I ), Rp. 2 juta ( juara II ) dan Rp. 1 juta ( juara III ) tentu saja juga mendapat plakat/ piagam penghargaan.
Ketua panitia festival Agus Hatmoko, SH, STh menambahkan, panitia menargetkan ada sekitar 100 karya yang akan masuk, bahkan sudah ada kabar bahwa sineas dari Papua dan Medan juga akan berpartisipasi dalam festival ini.
Dari seluruh karya akan didokumentasikan, sehingga KSS punya perpustakaan film. Untuk mengetahui kabar terbaru terkait festival ini bisa mengakses di situs www.komunitassinemasemarang.com atau telepon 0811291990 atau 08156618707.
KSS merupakan wadah bagi sineas muda di Jawa Tengah yang berdiri pada Agustus 2011 dengan anggota 275 orang yang berasal dari Semarang, Kudus, Jepara, Demak, Wonosobo, Banjarnegara dan tidak ketinggalan  dari TEMANGGUNG.
( sumber Suara Merdeka, Selasa 01/05/12 - J12-37 )