Monday, November 26, 2012

Temanggung Adventure Offroad 2012



Sabtu sampai Minggu ( 24-25/12/2012 ) sekitar 372 offroader muda menjajal kemampuannya, memacu andrenalin, di Sirkuit Tepungsari Temanggung dalam event Temanggung Adventure Offroad 2012. Mereka tak hanya berasal dari Jawa Tengah saja, para offroader dari DIY dan Jawa Timur juga tampak berlaga di sirkuti berlumpur yang cukup sulit. Selain di sirkuit Tepungsari untuk kelas Special Competition Stage (SCS), juga pada kelas Country Road dan Ekstrim para offroader harus mengenal medan baru di Temanggung, yang melewati kawasan Perhutani di Kandangan, Kaloran,  Kranggan, dan kembali ke Temanggung.
Sebagai ajang olah raga otomotif, Temanggung Adventure Offroad juga dikemas untuk mengenalkan pariwisata Temanggung, yang didukung unsur masyarakat pada route-route yang dilewati.


Ngaseran, ketua panitia mengatakan, kegiatan yang digagas Temanggung Otomotif Club ( TOC ) dan Satlantas Polres Temanggung ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Temanggung ke 178, Hari Pahlawan, serta HUT ke 57 Satlantas.
Sejak Sabtu ( 24/12 ) offroader muda telah berberlaga menaklukkan medan berat yang melalui 4 kecamatan, Kandangan, Kaloran, Kranggan dan Temanggung. Hingga puncaknya di hari Minggu (24/12) semua pesertapun masih mendapat tantangan di Sirkuit Tepungsari.
Menurut Ngaseran, Temanggung Adventure Offroad kali ini untuk mencari bibit-bibit muda serta offroader terbaik di wilayah Temanggung, kehadiran offroader berpengalaman dari luar daerah sangat menguntungkan bagi offroader muda dari Temanggung, karena mereka akan memperoleh pelajaran berharga dari para senior, tercatat beberapa peserta kawakan yang mengikuti event ini antara lain, Imam Saebani, Wahyu Lamban ( Yogyakarta ), dan Cak Rus ( Semarang ).

Dalam event ini panitia menyediakan hadiah sebuah mobil Jimny Jangkrik dan sebuah sepeda motor untuk kelas Country Road, sedangkan pada kelas Special Competition Stage disediakan hadiah uang pembinaan.
Kasatlantas Polres Temanggung, AKP Maryadi menjelaskan, bersamaan dengan ajang olah raga otomotif ini sekaligus untuk mensosialisasikan Pelopor Keselamatan Nasional ( KSN ), kemudian sebagai wahana sisialisasi selanjutnya dimulai 28 November sampai 11 Desember 2012 akan diadakan Operasi Zebra " Jadi kami bisa sekaligus mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat, biar nanti pada saat operasi sudah tertib, tercipta kamseltibcartas ( keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran, ber lalu-lintas ). Kedua, ajang offroad sebagai wadah olah raga otomotif di Temanggung " demikian yang dikatakan AKP Maryadi.


Pada hari Minggu itu Sirkuit Tepungsari boleh dikatakan sukses memberikan hiburan segar kepada warga Temanggung, banyak offroader yang tak menyangka sirkuit tersebut ternyata sulit ditaklukkan, terbukti sejak awal start beberapa peserta sudah berguguran, terutama saat melewati rintangan dan jalan berlumpur, trek sempit maupun tikungan tajam. Dan medan itu justru semakin parah setelah beberapa peserta melaluinya, banyak jeep terpaksa menggunakan win ( rantai pengait ) namun tidak banyak menolong, mereka justru terperosok dan membuatnya kehilangan waktu dalam kubangan lumpur.